Minggu, 17 November 2013

PT.Gunung Subur


PABRIK TEH PT.GUNUNG SUBUR

3.1     Latar Belakang dan Sejarah didirikannya PT.Gunung Subur
PT. Gunung Subur memulai usahanya di tahun 1950 di kota Solo bagian utara tepatnya di jalanCinderejo 10. Pada waktu itu proses produksi dilakukan dengan cara tradisional. Pengeringan teh dilaksanakan dengan memasaknya dalam oven bulat dari seng yang diletakkan diatas lubang-lubang tungku berdiameter ± 1 meter.
Produk pertama yang diluncurkan oleh perintis usaha Bp. Kusno Wibowo, langsung dapat diterima oleh masyarakat di Karesidenan Surakarta. Produk menggunakan bahan baku pilihan dari hasil perkebunan yang unggul, dipilih dari pohon teh dengan ketinggian diatas 1.250 meter. Dari kualitas bahan baku pilihan ini diperoleh rasa yang lengkap dari kenikmatan minum teh, yaitu sepet, sedap dan mantap. Upaya yang dilakukan untuk menciptakan produk bermutu pada waktu itu rupanya membuahkan hasil yang menggembirakan.
Seiring dengan pengembangan tata kota dan perluasan pemasaran maka diputuskan untuk mencari lokasi yang lebih luas di daerah perindustrian Jaten-Karanganyar. Lokasi dipilih berdasarkan pertimbangan yang matang, daerah yang sejuk - aman - letak strategis - dekat dengan sumber tenaga kerja.
Pada tahun 1980 PT. Gunung Subur pindah ke Jaten - Karanganyar. Perusahaan ini berkembang dibawah pimpinan Bp. Gunawan Wibisono sebagai generasi ke dua.
Produk yang semula hanya teh wangi dalam kemasan tradisional, dikembangkan menjadi kemasan modern, tahan lama dan berkwalitas export dengan berbagai variasi rasa dan manfaat. Agar dapat melayani semua segmen PT. Gunung Subur memproduksi bermacam merk, berbagai cita rasa dengan tingkatan harga yang berbeda pula.
Dalam persaingan yang ketat, teh hijau produksi PT. Gunung Subur berhasil menjadi market leader teh hijau di Indonesia dengan orientasi lokal dan export. Seberapa kapasitas yang dibutuhkan perusahaan dapat melayani sesuai kebutuhan.

3.2     Tujuan dan Manfaat didirikannya PT.Gunung Subur
Memproduksi berbagai jenis teh yang mempunyai manfaat yang berbeda beda seperti pada teh hijau bermanfat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan ,dapat digunakan untuk muka, untuk mengencangkan kulit selain untuk kecantikan dapat juga menurunkan berat badan,dapat membantu kolesterol dan darah tinggi,memperlancar buang air kecil, mempunyai kandungan serat yang tinggi, dan zat- zat yang baik untuk kesehatan (kadar katensi) yang sangat tinggi dan terbaik.

3.3     Mekanisme Kerja dan Organisasi di PT.Gunung Subur
Perusahaan ini termasuk usaha padat karya dengan jumlah tenaga kerja lebih dari 700 orang, untuk proses produksi teh tradisional, PT. Gunung Subur tetap menggunakan teknik membungkus dan beberapa proses secara manual, sehingga dapat menyerap banyak tenaga kerja terutama wanita.
Jumlah tenaga kerja ini menunjukkan bahwa usaha yang ditekuni selama puluhan tahun telah berkembang menjadi industri yang tumbuh pesat karena sejarah perusahaan menunjukkan usaha dimulai dengan tenaga kerja ± 15 orang. Khusus untuk kemasan modern, perusahaan telah melengkapi dengan mesin-mesin yang canggih dan siap melayani pesanan dengan kwalitas yang memuaskan, bermanfaat dan bercita rasa tinggi.
Sumber daya juga selalu ditingkatkan, bila pada awalnya kwalitas tenaga kerja hanya tingkat SD atau bahkan tidak bersekolah, maka saat ini. Bagi tenaga tidak berpendidikan atau SD diberi pelatihan-pelatihan dan bimbingan yang ketat. Bagi perekrutan, kwalitas pendidikan ditingkatkan minimal lulusan SLTP dan SLTA. Pengujian kwalitas teh ini banyak menggunakan uji organoleptik dan visual maka peran quality control sangat dominan.
Dunia telah mengakui tentang khasiat teh, kenapa masyarakat Indonesia yang kaya akan tanaman teh dengan harga  yang  relatif murah itu tidak mengetahuinya.
Menyadari bahwa kesehatan itu mahal harganya maka dengan memperkenalkan teh sebagai minuman sehat ini, PT. Gunung Subur yakin akan berhasil memenangkan persaingan. Dengan menetapkan standard tertentu yang dilakukan dengan pendidikan dan pengalaman cukup lama, PT. Gunung Subur telah memiliki tenaga quality control yang terlatih  dan handal untuk mengendalikan kwalitas dan rasa.


http://www.gunungsubur.co.id/sites/default/files/karyawan_0.jpg

Selama beberapa tahun PT.Gunung Subur berdiri, pihak perusahaan sudah melahirkan generasi ke tiga dalam hal perekrutan karyawan. Hingga saat ini karyawan perusahaan sudah mencapai 1400 orang. PT.Gunung Subur tidak hanya beberapa beredar dikota akan tetapi sampai ke luar negeri.Tenaga kerja PT.Gunung Subur kebanyakan 70 % wanita.

Gambar 9. Proses pembuatan teh

Peraturan karyawan sebelum memasuki ruang pekerjaan yaitu
1.    Cuci tangan sebelum masuk produksi.
2.    Masuk ruang proses harap memakai sandal atau sepatu proses.

Macam – macam teh yang diproduksi oleh  PT. Gunung Subur :
1.    Teh Hijau
2.    Teh Kopi
3.    Teh Melati
4.    Teh Merah
5.    Teh Tradisional
Produk teh yang dihasilkan oleh PT. Gunung Subur memiliki khasiat dan kandungan yang baik untuk kesehatan, antara lain:
1.      Fluor
2.      Vitamin B1
3.      Vitamin B2
Produk-produk lain yang diproduksi oleh PT.Gunung Subur antara lain: kopi, kopi celup, kopi celup dengan gingseng, jahe, gingseng tea, dan jahe wangi. Produk-produk tersebut dipakai hanya dalam dua celup selama dua menit yang khasiatnya lebih dari teh Jepang. Produk-produk teh PT. Gunung Subur lebih berkhasiat daripada suplemen yang berasal dari negara Arab. Selain berfungsi untuk menurunkan sakit kepala, teh yang diproduksi PT. Gunung Subur juga dapat mengurangi perut kembung.
Teh Melati merupakan produk unggulan yang dimiliki PT. Gunung Subur. Berikut dipaparkan cara membuat teh melati.
1.    Bahan baku open dengan kecoklatan.Proses ini membuah warna teh tidak menggunakan pewarna.
2.    Cochui dihamparkan dan disiram dengan air.Pada saat disiram air pori-pori akan mengecil.
3.    Pada malam hari diberi melati asli lalu dicampur
4.    Lalu pori-pori teh itu mengecil
5.    Pada pagi hari bunga itu sudah tidak berbunga .
6.    Kemudian melati itu dikeringkan dan dikemas dalam bentujk modern seperti dalam bentuk celupan.
PT. Gunung Subur memiliki prinsip perusahaan yang terjaga dari generasi ke generasi. Prinsip tersebut tertulis dalam kultur PT. Gunung Subur, antara lain:
1.    Sukses pelanggan sukses kita
2.    Memberikan yang terbaik
3.    Melakukan dengan hati
4.    Perhatian dan perlakuan memperdulikan orang – orang
5.    Perhatian sosial
Selain prinsip yang telah dipaparkan di atas, PT.Gunung Subur memiliki semboyan 5 P, dan 5 Syaitu:
         5P                                                                         5S

1.    Pemilahan
2.    Penataan
3.    Pembersihan
4.    Pemeliharaan
5.    Penyuluhan
1.      Sisih
2.      Susun
3.      Sasap
4.      Sosoh
5.      Suluh


3.4     Permasalahan di PT.Gunung Subur
          Berdasarkan wawancara yang kami lakukan dengan beberapa karyawan di PT. Gunung Subur, mereka terkendala dengan waktu. Mereka yang sudah berkeluarga biasanya kesulitan untuk menyesuaikan dengan sift yang diberlakukan di PT. Gunung Subur.

3.5     Solusi dari permasalahan di PT.Gunung Subur
          Berdasarkan permasalahan tersebut, seharusnya pihak perusahaan memberikan waktu kerja yang sesuai dengan kesediaan para pekerja. Dengan demikian, kinerja karyawan perusahaan dapat berjalan sesuai dengan semestinya, tanpa adanya komplain dari karyawan.



3. www.gunungsubur.co.id

Tidak ada komentar :

Posting Komentar